Halaman

    Social Items

Visit Namina Blog
Menghadapi cuaca yang kurang bersahabat, dimana kadang panas kemudian tiba-tiba hujan dan ini terjadi lebih sering terutama pada musim hujan maka tubuh kita memerlukan suplemen tambahan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Masalahnya, untuk memilih suplemen mana yang cocok, aman, dan manfaatnya bisa dirasakan lebih lama memang cukup sulit. Tapi hasil dari Googling yang dilakukan beberapa hari ini, saya mendapatkan rekomendasi suplemen yang menurut saya tepat yaitu STIMUNO. Kalian sudah tahu apa itu STIMUNO?

Apa Itu STIMUNO?



STIMUNO adalah suplemen kesehatan yang terbuat dari bahan alami (herbal) tanaman meniran (Phyllanthus niruri) dengan banyak keunggulan, salah satunya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

STIMUNO dapat dikonsumsi siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. STIMUNO untuk balita berbentuk sirup dengan berbagai varian rasa dan lebih diperuntukkan bagi anak-anak di bawah 5 tahun (Balita). Rasa yang tersedia untuk STIMUNO sirup adalah Rasa Original, Rasa Anggur, dan Rasa Jeruk. Sedangkan STIMUNO kapsul bisa dikonsumsi oleh anak (Bagi yang sudah bisa menelan kapsul) dan juga bisa dikonsumsi orang dewasa.

Yang menarik dari STIMUNO adalah produk ini merupakan suplemen herbal FITOFARMAKA. Tahukah kalian apa itu FITOFARMAKA?

FITOFARMAKA merupakan sebuah sertifikat untuk produk herbal yang dikeluarkan oleh BPOM Indonesia. Produk ini telah dibuktikan dengan pembuatannya yang melalui proses yang telah terstandar dan khasiatnya telah dibuktikan melalui uji klinis. Produk obat yang telah memiliki sertifikat FITOFARMAKA memiliki kriteria antara lain :

  • Aman dikonsumsi
  • Klaim khasiat secara ilmiah melalui uji pra klink dan klinik
  • Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku'Telah dilakukan standarisasi bahan baku yang digunakan dalam produk tersebut
Dalam pembuatannya, STIMUNO menggunakan bahan baku berupa tanaman meniran (Phyllanthus niruri) yang banyak tumbuh di daerah Tropis. Diproduksi secara organic dan telah memenuhi standar Good Agriculture Practices (GAP) mulai dari penanaman sampai dengan produksi sehingga menghasilkan produk yang terjamin mutunya.

Apakah Aman Untuk Balita?


STIMUNO memang menyediakan dua varian yaitu varian sirup dan varian kapsul. Varian sirup diperuntukkan bagi anak-anak di bawah 5 tahun atau usia balita. Dengan bahan baku yang terbuat dari tanaman herbal, serta telah teruji secara klinis maka STIMUNO aman dikonsumsi oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

STIMUNO banyak digunakan oleh ilmuwan untuk membuktikan efektifitasnya dalam membantu proses penyembuhan pada berbagai penyakit, diantaranya pada kasus ISPA, TB, Paru, PPOK, dan lainnya. STIMUNO telah terbukti aman digunakan dalam jangka panjang. Dari salah satu hasil studi yang telah dilakukan oleh ilmuwan terhadap pasien TB paru, pemberian STIMUNO selama 6 bulan memberikan efek positif dalam proses penyembuhan dan tidak ditemukan dampak negatifnya.

STIMUNO berperan sebagai immunomodulator sehingga STIMUNO berbeda dengan multivitamin pada umumnya. Immunomodulator berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan memperkuat sistem imun, dengan cara memperkuat dan memperbanyak satpam untuk mencegah serangan virus. Sedangkan multivitamin hanya berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak saja.

Fungsi Sistem Imun Dalam Tubuh


STIMUNO bekerja dengan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibody dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal. Kalian pasti tahu bahwa tubuh dengan sistem imun yang kuat maka akan sulit terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap dan jelas, berikut ini saya berikan beberapa fungsi sistem imun untuk tubuh manusia :

Sebagai Pertahanan Tubuh

Sistem imun yang dimiliki manusia akan menangkal berbagai bahan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh baik itu berupa bakteri maupun virus penyebab penyakit. Fungsi inilah yang memberikan kekebalan tubuh sehingga seseorang tidak mudah sakit. Berbeda jika sistem imun dalam tubuh anda mengalami gangguan, maka daya tahan tubuh lemah dan mudah terserang penyakit.

Menjaga Keseimbangan

Sistem imun berfungsi sebagai Homestatik yaitu untuk menjaga keseimbangan dari komponen tubuh.

Perondaan

Sel-sel imun memiliki kemampuan untuk melakukan ronda atau patroli keamanan ke dalam seluruh bagian tubuh. Jika sel imun tersebut menemukan ada beberapa bagian sel tubuh yang mengalami mutasi, maka sel imun tersebut akan menghancurkannya tanpa ampun.

Itulah beberapa penjelasan saya mengenai apa itu stimuno serta khasiat yang diberikan untuk tubuh, baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Sumber referensi : Stimuno Untuk Balita

Apa Itu STIMUNO? Apakah Aman Untuk Balita?

Apa Itu Pin Google Adsense? Apa Gunanya Bagi Publisher?


Google Adsense merupakan media periklanan online yang paling banyak digemari oleh para blogger maupun pelaku bisnis. Bagi blogger, Adsense merupakan mitra bisnis yang banyak memberikan manfaat, khususnya di bidang financial. Pasalnya dengan menjadi mitra bisnis Google Adsense, para blogger mampu menghasilkan uang dari blog miliknya.

Adsense akan memberikan tugas kepada para blogger yang telah menjadi mitranya untuk membantu menayangkan iklan di dalam blog mereka. Tentunya ketika kedua belah pihak telah menjalin kerjasama yaitu blogger sebagai publisher dan Adsense sebagai pihak pemberi iklan sekaligus yang membayar publisher.

Dalam proses kerjasama tersebut, pihak publisher akan diberikan kebebasan untuk mencairkan penghasilannya. Namun dengan syarat akun mereka harus diverifikasi menggunakan kode khusus. Kode tersebut yang biasa disebut dengan PIN Google Adsense oleh para blogger dan publisher.

Baca Juga : Syarat Daftar Google Adsense Agar Cepat Disetujui (Terbukti)

Apa Itu PIN Google Adsense?


PIN Google Adsense adalah sebuah kode unik terdiri dari 6 angka yang digunakan untuk melakukan verifikasi akun Google Adsense. Verifikasi yang dimaksud disini adalah verifikasi alamat publisher yang harus dilakukan pada waktu tertentu.

PIN akan dikirimkan melalui POS oleh pihak Google Adsense ke alamat rumah kalian yang tertera di akun Google Adsense. Pengiriman PIN dilakukan secara otomatis jika penghasilan kalian sebagai publisher telah mencapai minimal $10.

Proses dari mulai pengiriman hingga diterima publisher sesuai dengan ketentuannya memakan waktu sekitar 3 - 4 minggu. Namun kenyataan di lapangan bisa sampai 2 bulan, sehingga si penerima PIN akan merasa galau menunggu kirimannya tidak kunjung datang. Tapi jangan khawatir, jika alamat yang kalian tuliskan memang benar dan sesuai dengan data asli pasti akan terkirim.

Baca Juga : Istilah-Istilah Google Adsense Yang Harus Diketahui Publisher

Yang Sering Ditanyakan Terkait PIN Google Adsense


  • [accordion]
    • Mengapa Akun Harus Diverifikasi?
      • Verifikasi akun menggunakan PIN merupakan upaya pihak Google Adsense untuk memastikan bahwa akun kalian aman dan alamat yang tertera adalah alamat yang valid. Selain itu juga verifikasi PIN sebagai syarat untuk bisa mencairkan penghasilan kalian.
    • Apa Yang Terjadi Jika Akun Tidak Diverifikasi?
      • Akun yang tidak diverifikasi maka tidak bisa mencairkan penghasilan yang sudah kalian dapatkan. Oleh karena itu, verifikasi merupakan hal yang sangat penting karena mempengaruhi proses pencairan penghasilan kalian.
    • Apa Yang Terjadi Jika Salah Memasukkan PIN?
      • Jika salah memasukkan PIN, kalian bisa mengulanginya lagi dengan PIN yang benar. Pada tahap memasukkan PIN sebaiknya harus hati-hati karena pihak adsense hanya memberikan kesempatan sebanyak 3 kali saja.
    • Bagaimana Jika Salah Menulis Alamat Rumah
      • Kalian bisa menggantinya di menu Setting => Payment, kalau pihak Adsense sudah terlanjur mengirim PIN maka kalian lakukan Request ulang PIN untuk diperbarui pengiriman ke alamat yang benar.
    • Bagaimana Jika Sudah Melakukan Request 3 Kali, PIN Belum Diterima?
      • Jika hal ini terjadi, maka 3 minggu sejak request PIN terakhir akan muncul link untuk verifikasi akun menggunakan data diri berupa KTP, SIM, maupun PASSPOR.

Kesimpulan


Jadi kesimpulannya PIN Google Adsense merupakan kode penting yang digunakan untuk hal verifikasi alamat rumah pemilik akun Google Adsense, dalam hal ini seorang publisher. Sedangkan tujuannya tentu agar penghasilan kalian dapat dicairkan dan bisa dinikmati.

Itulah penjelasan saya mengenai apa itu PIN Google Adsense. Semoga kalian menjadi lebih paham setelah membaca penjelasan saya ini.

Apa Itu Pin Google Adsense? Apa Gunanya Bagi Publisher?


Setelah kalian paham tentang pengertian blog dan sudah bisa membuat artikel baru, maka kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu domain. Saya yakin banyak yang masih bingung apa itu domain, apa fungsinya dan apa hubungannya dengan blog. Padahal kalian pasti sering mengunjungi sebuah situs seperti facebook.com, twitter.com, dan alimbanjar.com bukan?

Kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai apa itu domain serta jenis-jenis dari domain itu sendiri. Domain memang sangt erat hubungannya dengan sebuah blog, oleh karena itu domain dan blog tidak bisa terlepaskan.

Apa Itu Domain?

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengganti dari IP Address pada web server. Domain juga bisa diartikan sebagai identitas yang memudahkan orang untuk mengunjungi suatu blog. Dengan adanya domain jelas sangat membantu karena orang tidak perlu mengingat sederetan angka IP Address untuk mengunjungi sebuah blog.

Apa Jenis - Jenis Domain?

Domain juga memiliki beberapa jenis atau level, antara lain :

1. Top Level Domain

Top Level Domain (TLD) adalah kata unik yang mendampingi nama domain, tempatnya setelah nama domain. Contohnya seperti .com, .org, .edu, .net, .info, dll.

Top level domain juga ada dua jenis yaitu :
  1. Global Top Level Domain (gTLD)
  2. Country Code Top Level Domain (ccTLD).
Global Top Level Domain (gTLD) adalah TLD yang bisa digunakan secara global, contohnya seperti .com, .net, .org, dll.

Sedangkan Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara. Contoh untuk Indonesia ada .co.id, net.id, or.id, web.id, dll.

2. Second Level Domain

Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang kalian beli atau daftarkan. Contoh alimbanjar.com ( alimbanjar adalah SLD, sedangkan .com adalah TLD )

3. Third Level Domain

Third level domain adalah nama domain yang ditempatkan setelah second level domain. Contoh us.com, cn.com, dll.

Apa Fungsi Domain?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, domain berfungsi sebagai pengganti sederet angka IP Addres sehingga orang tidak perlu ribet menghapal angka tersebut untuk mengakses sebuah blog.

Apa Hubungan Domain Dengan Blog?

Domain dan blog memiliki hubungan yang sangat erat, kalau saya ambil contoh blog adalah sebuah rumah sedangkan domain adalah alamat rumah tersebut. Jadi jika ada seseorang ingin mengunjungi rumah tersebut maka harus tahu dulu dimana alamatnya.

Begitu juga dengan domain dan blog, kalau mau mengunjungi sebuah blog maka harus tahu dulu apa nama domain blog tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain?

Untuk mendapatkan nama domain, kalian bisa membeli pada sebuah registrar terpercaya dengan masa kontrak mulai dari 1 tahun. Biasanya harga untuk membeli nama domain itu mulai dari 100 ribu hingga jutaan Rupiah, tergantung dari TLD yang akan kalian pilih.

Penutup

Sekian penjelasan saya mengenai apa itu domain serta fungsinya, semoga informasi ini dapat membantu kalian agar lebih paham tentang domain dan dunia ngeblog.

Apa Itu Domain? Apa Fungsi Dan Hubungannya Dengan Blog?

Cara Setting HTTP ke SSL HTTPS Custom Domain Blogger


Kabar gembira bagi kalian yang menggunakan custom domain blogger, karena saat ini blogger telah memberikan akses bagi custom domain untuk menggunakan protokol SSL HTTPS. Sebagai catatan, sebelumnya blogger tidak memberikan akses menggunakan protokol SSL HTTPS bagi pengguna custom domain. Lalu bagaimana cara setting HTTP ke SSL HTTPS custom domain blogger?

Seperti halnya domain alimbanjar yang sebelumnya menggunakan protokol HTTP, berhubung sudah diberikan akses menggunakan protokol SSL HTTPS maka saya langsung menggantinya. Namun, jika kalian melihat di menu akun blogger pengaturan tersebut memang belum muncul. Oleh karena itu saya akan memberikan tahapan-tahapan untuk cara pengaturannya.


Cara Setting HTTP ke SSL HTTPS Custom Domain Blogger


Sebelumnya blogger hanya support SSL HTTPS hanya bagi domain yang masih menggunakan blogspot, sedangkan bagi yang sudah beralih ke custom domain (.com, .net, .co.id, .id, dll) belum bisa menggunakan SSL HTTPS tersebut.

Namun saat ini custom domain sudah support SSL HTTPS dan mengarahkan seluruh url yang sebelumnya menggunakan protokol  HTTP menjadi HTTPS atau biasa disebut dengan redirect HTTP to HTTPS. Langsung saja berikut ini cara pengaturannya :

  • Masuk ke https://draft.blogger.com ( ingat harus pakai link ini )
  • Pada dashboard klik SETTING => BASIC
  • Pada tampilan pengaturan tersebut, silahkan pada HTTPS Availability pilih YES
  • Halaman akan secara otomatis menyimpan pengaturan dan merefresh ulang, artinya pengaturan yang kalian lakukan berhasil
Cara Setting HTTP ke SSL HTTPS Custom Domain Blogger

  • Lanjut ke pengaturan berikutnya, yaitu pada HTTPS Redirect pilih YES
  • Jika HTTPS Redirect belum bisa diganti, silahkan reload halaman atau tunggu hingga 1-5 menit baru reload halaman.
  • Jika hingga lebih dari 5 menit belum juga bisa diganti, silahkan kalian lepaskan dulu custom domain dari blogger dan menjadi domain blogspot kembali. Kemudian pasang custom domain lagi dan ulangi pada tahap HTTPS Availibility pilih YES.
  • Biasanya dengan cara di atas HTTPS Redirect sudah bisa diganti menjadi YES.
  • Jika kedua pengaturan tersebut sudah kalian terapkan, silahkan cek custom domain blog kalian pada browser. Jika sudah muncul Secure (gembok hijau) berarti pengaturan telah berhasil.
Cara Setting HTTP ke SSL HTTPS Custom Domain Blogger
Penjelasan dari pengaturan di atas adalah, pada HTTPS Availibility gunanya untuk merubah blog kalian yang sebelumnya menggunakan protokol HTTP menjadi SSL HTTPS.

Sedangkan HTTPS Redirect gunanya untuk mengarahkan  semua URL postingan artikel maupun halaman statis blog kalian yang sebelumnya menggunakan protokol HTTP menjadi SSL HTTPS. Artinya, jika ada pengunjung yang masuk menggunakan URL HTTP maka artikel tersebut akan diarahkan menjadi SSL HTTPS.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Merubah Dari HTTP Menjadi SSL HTTPS

Pada sebagian kasus domain yang telah beralih dari HTTP ke HTTPS biasanya akan menimbulkan beberapa problem antara lain iklan Adsense tidak muncul, traffic menurun, peringkat search engine menurun, dan lainnya. Kasus seperti itu adalah wajar, karena Google menganggap bahwa domain kalian merupakan domain baru.

Oleh karena itu, setelah melakukan pengalihan menjasi SSL HTTPS ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan, antara lain :

1. Submit kembali property domain kalian dengan awalan (https://... dan https://www...) ke webmaster tools (Google,Bing,Yahoo,yandex,dll)
2. Tambahkan kembali blog kalian pada Google Adsense menggunakan (https://www...)
3. Ganti URL gambar, internal link, script eksternal, dan lainnya dari HTTP menjadi HTTPS agar tidak terjadi "Mixed Content".

Saya rasa hanya ini yang harus kalian lakukan untuk setting HTTP ke SSL HTTPS custom domain blogger. Caranya sangat mudah bukan? Segera terapkan pada blog kalian agar terlihat lebih mentereng.



Cara Setting HTTP ke SSL HTTPS Custom Domain Blogger

Syarat Daftar Google Adsense Agar Cepat Disetujui -  Sebagai seorang blogger yang dari awal memiliki tujuan ngeblog untuk komersial, tentu Google Adsense adalah mitra yang tepat untuk kalian. Alasannya jelas, Adsense merupakan perusahaan iklan digital yang dimiliki oleh Google dan telah melahirkan banyak jutawan.

Syarat Daftar Google Adsense Agar Cepat Disetujui (Terbukti)

Blog kalian bisa menghasilkan uang jika digunakan untuk menayangkan iklan yang ditawarkan oleh Google Adsense. Namun terlebih dahulu, kalian harus mendaftarkan diri menjadi publisher Google Adsense dengan mengajukan blog yang kalian miliki sebagai media penayangan iklannya.

Nah yang banyak menjadi pertanyaannya adalah, apa syarat dan cara daftar Google Adsense agar cepat disetujui? Karena masih banyak kasus seorang blogger yang telah mendaftarkan blognya ke Google Adsense beberapa kali tapi masih belum juga disetujui. Mengapa demikian?

Google Adsense jelas tidak akan sembarangan dalam memilih situs/blog untuk menayangkan iklan dari pengiklan. Dalam proses pendaftaran, pihak Adsense akan melakukan survey dengan menelusuri blog yang didaftarkan untuk menentukan layak tidaknya blog tersebut sebagai penayang iklan.

Syarat Daftar Google Adsense Agar Cepat Disetujui


Situs/blog yang kalian daftarkan sangat menentukan apakah pendaftaran yang kalian ajukan akan disetujui atau bahkan di tolak. Oleh karena itu, sebelum kalian daftar Google Adsense perhatikan terlebih dahulu beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi agar cepat disetujui.

1. Konten Blog Bermanfaat dan Menarik


Pertama yang akan ditinjau oleh pihak Adsense adalah isi konten dari blog yang kalian ajukan. Blog yang memiliki konten positif, menarik, memberikan wawasan, dan tanpa unsur negatif akan memiliki nilai plus tersendiri. Pihak adsense akan menganggap blog kalian layak untuk menayangkan iklan karena memiliki konten yang bermanfaat.

Selain itu saya menyarankan untuk blog yang kalian ajukan cukup menggunakan 1 niche blog saja, ini sesuai dengan pengalaman teman-teman blogger. Blog kalian juga paling tidak sudah memiliki 10 hingga 20 artikel unggulan yang relevan dengan niche blog.


2. Sudah Terindex Di Mesin Pencarian Google


Setelah meninjau isi konten, selanjutnya pihak Adsense akan melihat apakah blog tersebut sudah terindex di mesin pencarian atau belum. Oleh karena itu, saya sarankan setelah membuat blog baru segeralah daftarkan blog ke Google Webmaster tools. Caranya bisa baca disini Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Biasanya dalam waktu 1 - 2 bulan saja blog akan terindex oleh mesin pencarian Google sejak di daftarkan ke Google Webmaster tools, namun ada yang waktunya lebih cepat tergantung dari sering atau tidaknya blog tersebut update konten. Pastikan terlebih dahulu bahwa blog kalian telah terindex oleh mesin pencarian sebelum mengajukan blog tersebut kepada pihak Google Adsense. 

3. Traffik Pengunjung Blog


Syarat yang satu ini juga sangat penting, blog kalian harus sudah memiliki traffic yang cukup memadai. Menurut analisa saya pribadi, pengunjung antara 100 - 500 per hari akan lebih mudah diterima oleh pihak Adsense.

Coba bayangkan jika kalian adalah seorang pengiklan, pasti akan memilih memasang iklannya pada situs/blog dengan traffic yang tinggi bukan? Begitu juga dengan Google Adsense, tidak mungkin menyetujui blog yang sepi pengunjung.


Perhatikan Syarat Pendukung Lainnya


Selain tiga syarat di atas yang paling menentukan, saya juga akan memberikan beberapa syarat pendukung yang perlu kalian perhatikan khususnya pada blog yang akan kalian daftarkan. Syarat pendukung ini lebih banyak difokuskan pada internal blog.

Apa saja syarat pendukung yang perlu diperhatikan? Baca penjelasannya berikut ini :

  1. Gunakan template blog bawaan dari blogger saat mendaftarkannya ke Google Adsense, setelah disetujui kalian boleh menggantinya dengan template yang kalian inginkan.
  2. lengkapi blog dengan halaman Daftar isi (sitemap), About, Privacy, Disclaimer, dan Contact Us.
  3. Gunakan menu navigasi yang memudahkan pengunjung blog.
  4. Gunakan link menuju artikel lain yang terkait (internal link) pada setiap konten.
  5. Jangan terlalu banyak memasang widget, pasang yang menurut kalian penting saja.
Syarat pendukung ini memang tidak selalu menjadi poin-poin yang menentukan agar pengajuan kalian disetujui. Tapi dari beberapa kasus blog yang di tolak kemudian menerapkan syarat-syarat yang sudah saya jelaskan di atas, pada pengajuan berikutnya ternyata disetujui oleh Google Adsense.

Kesimpulan


Google Adsense memang tidak menentukan secara spesifik mengenai syarat daftar Google Adsense agar cepat disetujui, karena itu merupakan rahasia dari pihak Adsense. Syarat yang saya berikan di atas merupakan hasil yang saya rangkum dari pengalaman teman-teman blogger yang sudah menjadi publisher Google Adsense sukses.

Silahkan bagi kalian yang akan daftar Google Adsense ikuti syarat yang sudah saya berikan di atas, agar proses pendaftaran kalian cepat disetujui.

Syarat Daftar Google Adsense Agar Cepat Disetujui (Terbukti)

Bagi kalian yang masih dalam tahap belajar dalam memahami tentang Google Adsense atau bahkan kalian merupakan seorang blogger yang sekaligus sebagai publisher Google Adsense. Mari sejenak baca artikel saya mengenai pengenalan istilah-istilah Google Adsense yang harus diketahui publisher maupun calon publisher.

Saya sendiri sebagai seorang blogger sangat paham bahwa di luaran sana masih banyak blogger yang belum terlalu mengerti tentang istilah-istilah Google Adsense, padahal ini adalah hal yang sangat penting untuk kalian ketahui. Jangan sampai kalian hanya paham luarnya, namun isinya kalian justru tidak paham.

Oleh karena itu saya akan berusaha untuk memberikan penjelasan terbaik dan mudah dipahami sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki. Tujuannya jelas agar kalian semakin paham tentang isi dari Google Adsense.

Baca Juga : Apa Itu Google Adsense : Manfaat dan Cara Kerjanya

Istilah-Istilah Google Adsense


Istilah-Istilah Google Adsense Yang Harus Diketahui Publisher


Seperti yang kita ketahui bahwa Google Adsense merupakan sumber penghasilan yang paling banyak diburu oleh seorang blogger. Hampir seluruh blogger pasti memiliki tujuan menjadi publisher Google Adsense yang sukses, namun untuk sukses memerlukan proses yang panjang.

Salah satu proses yang perlu dilalui adalah memahami istilah-istilah Google Adsense yang penting untuk kalian ketahui. Pemahaman ini agar kalian semakin jelas sytem yang berjalan di dalam Google Adsense.

1. Publisher


Publisher adalah seorang mitra yang bekerjasama dengan Google Adsense dan memiliki tugas menayangkan iklan secara online. Secara singkatnya publisher bisa dikatakan penayang iklan.

Iklan yang ditayangkan oleh seorang publisher biasanya menggunakan media blog, website, dan Youtube. Ada juga yang menggunakan media aplikasi android untuk penayangan iklannya.

2. CPC ( Cost Per Click )


Kalian pasti sering mendengar atau membaca istilah ini bukan? CPC merupakan singkatan dari Cost Per Click atau biasa disebut juga dengan Bayar Per Klik ( BPK ). Jadi CPC ini adalah harga yang dibayarkan oleh Google Adsense kepada publisher untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung.

Untuk besarnya nilai CPC setiap iklan berbeda-beda tergantung dari relevansi situs/blog, relevansi link, traffic pengunjung, umur blog/situs, keyword, dan lainnya. Contoh sederhananya seperti ini, jika iklan " kosmetik " tayang di situs kesehatan nilai CPC akan lebih rendah daripada iklan " kosmetik " yang tayang pada situs kecantikan.

Nah nilai CPC yang ditampilkan pada akun Google Adsense publisher adalah nilai rata-rata dari beberapa jumlah iklan yang telah di klik pengunjung.

3. CPM (Cost Per Mille)


CPM (Cost Per Mille) atau bisa diartikan sebagai Biaya Per Seribu (BPS). Artinya publisher akan menerima bayaran dari Google Adsense berdasarkan per seribu impresi (tayangan iklan) dari setiap unit iklan yang ditampilkan pada situs/blog.

CPM sendiri merupakan bayaran tersendiri dari luar CTR yang biasanya terjadi pada blog.


4. CTR (Click Through Rate)


CTR (Click Through Rate) atau diartikan sebagai Rasio Klik Tayang (RKT) merupakan persentase tayangan yang menghasilkan klik. Jadi CTR ini nanti ditampilkan nilainya dalam bentuk persentase yang dihitung dengan cara :

Rumus : ( Clicks / impressions x 100% = CTR ).

Sebagai contoh blog kalian menayangkan iklan sebanyak 5000 kali impressions (tayangan) dan mendapatkan klik 500 kali, maka perhitungannya ( 500 / 5000 x 100% = 10%).


5. RPM (Revenue Per Thousand Impression)


RPM dapat diartikan sebagai pendapatan rata-rata yang dihasilkan setiap per seribu tayangan (impresi). Nilai RPM diperoleh dengan hitungan sebagai berikut :

Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan laman) x 1000 = RPM

Sebagai contoh blog kalian memiliki penghasilan tertaksir Rp 500.000 dan jumlah tampilan halaman (Page view) sebanyak 5000, maka untuk menghitung RPM caranya adalah ( Rp 500.000 / 5000 ) x 1000 = Rp 100.000

Dari hasil di atas dapat dijelaskan bahwa pendapatan rata-rata untuk setiap per seribu tayangan (impression) blog kalian adalah Rp 100.000. RPM ini masih dibagi lagi menjadi 3 antara lain :

a] RPM Kueri

Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah Kueri) x 1000 = RPM

b] RPM Halaman


Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah halaman tampil) x 1000 = RPM

c] RPM Permintaan Iklan


Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah permintaan iklan) x 1000 = RPM

6. Estimated Earning


Estimated Earning adalah pendapatan tertaksir dari hasil penayangan iklan pada sebuah situs/blog. Nilai ini biasanya ditampilkan mulai dari pendapatan hari ini, kemarin, seminggu terakhir, dan pendapatan bulan berjalan.

Estimated Earning akan diperbarui setiap bulan dan saldonya akan masuk ke Balance untuk bisa di withdraw atau ditarik ke bank lokal.

7. Pages views


Jika di artikan dalam Google Adsense, Page Views berarti jumlah tayangan halaman yang telah dipasangkan iklan. Jadi untuk halaman yang tidak dipasangkan iklan pada situs/blog kalian tidak akan dihitung oleh Google Adsense.

Artinya, berapapun jumlah iklan yang kalian pasang pada sebuah halaman maka akan dihitung satu page views. Sebagai contoh, kalian memasang 3 iklan pada setiap halaman blog. Ternyata halaman tersebut dikunjungi sebanyak 1000 kali, maka yang dihitung adalah 1000 page views.

8. Impressions


Impression merupakan jumlah iklan yang tayang pada halaman situs/blog kalian. Kalau impressions tertuju pada jumlah iklan yang ditayangkan, bukan dari tayangan halaman yang dipasang iklan seperti halnya page views.

Sebagai contoh kalian memasang 3 iklan pada setiap halaman, sedangkan halaman tersebut memiliki kunjungan sebanyak 1000. Maka yang dihitung menjadi impressions adalah 3 x 1000 = 3000 impressions.

Jadi semakin banyak iklan yang dipasangkan pada halaman blog, maka semakin meningkat jumlah impressions yang ditampilkan.

9. CPE ( Cost Per Engagement )


CPE bisa diartikan sebagai Biaya Per Keterlibatan (BPKt) yang artinya bahwa publisher akan dibayar jika pengunjung terlibat langsung dengan iklan tersebut. Misal iklan yang ditayangkan adalah video, maka publisher akan dibayar ketika pengunjung mengarahkan kursor ke video tersebut selama kurang lebih 2 detik untuk memperluas iklan video tersebut.

Itulah beberapa istilah-istilah Google Adsense yang perlu kalian ketahui sebagai publisher maupun calon publisher. Semoga penjelsan saya di atas dapat membantu kalian dalam mempelajari lebih dalam tentang Google Adsense.

Istilah-Istilah Google Adsense Yang Harus Diketahui Publisher

Membuat Blog Dengan satu Niche Blog Atau Lebih? Mana Yang Terbaik?

Umumnya bagi para blogger pemula yang memiliki ambisi komersial yang tinggi, akan membuat blog baru dengan topik blog atau niche blog lebih daru satu. Mereka beranggapan bahwa dengan adanya niche blog yang banyak, maka blognya akan memiliki banyak keyword atau kata kunci. Sehingga blog tersebut akan mampu mendatangkan banyak pengunjung. Benarkah demikian?

Anggapan tersebut memang benar, dengan adanya niche blog yang lebih dari satu dalam sebuah blog maka akan memunculkan banyak keyword yang bervariasi. Namun, kalian sebagai pemilik blog akan semakin sulit mengelolanya. Terutama dalam hal penerbitan artikel, kalian harus selalu posting artikel sesuai dengan jumlah niche blog yang sudah ditentukan.

Sebagai contoh kalian membuat blog dengan niche blog bisnis, teknologi, gadget, kesehatan, dan blogger. Nah, dari beberapa niche blog tersebut setiap harinya kalian paling tidak harus mengupdate satu artikel untuk setiap niche blog tersebut. Mungkin untuk awal pembuatan blog masih memiliki semangat tinggi serta masih banyak bahan untuk membuat artikel.

Namun jika sudah berjalan sekian bulan, kalian akan merasa kewalahan dalam hal pembuatan artikel. Dengan begitu blog kalian akan semakin jarang di update, padahal kepopuleran blog ditentukan dengan seringnya blog tersebut update konten.


Mana Yang Terbaik Membuat Blog Dengan Satu Niche Blog Atau Lebih


Saya sendiri menyarankan untuk blogger pemula, buatlah blog dengan 1 niche saja untuk awal-awal membangun blog. Dengan satu niche blog, kalian akan lebih mudah menulis artikel dan tentu akan lebih sering mengupdate konten blog.

Yang perlu kalian tahu bahwa mereka yang memiliki blog dengan banyak niche mengelola blognya secara team, artinya setiap anggota memiliki peranan masing-masing. Jadi jika kalian memaksakan diri untuk membuat blog dengan niche blog lebih dari satu dan mengelolanya hanya seorang diri, saya rasa kalian terlalu memaksakan.

Ingat...!!! nyawa blog adalah adanya konten-konten yang bermanfaat dan selalu update. Oleh karena itu, cukup kembangkan blog kalian dengan satu niche. Perbanyak konten secara berkala dan buatlah konten yang berbobot.

Optimasikan seo blog kalian secara serius, jangan lupa tanam backlink dengan baik. Dalam jangka waktu tiga hingga enam bulan blog kalian akan menjadi blog populer di search engine.


Kesimpulan


Blog dengan banyak niche lebih cocok jika dikelola secara team dengan pembagian tugas sesuai bakat masing-masing. Sedangkan kalian yang mengelola blog hanya seorang diri, saya sarankan gunakanlah satu niche blog saja.

Membuat Blog Dengan satu Niche Blog Atau Lebih? Mana Yang Terbaik?