Istilah-Istilah Google Adsense Yang Harus Diketahui Publisher
Bagi kalian yang masih dalam tahap belajar dalam memahami tentang Google Adsense atau bahkan kalian merupakan seorang blogger yang sekaligus sebagai publisher Google Adsense. Mari sejenak baca artikel saya mengenai pengenalan istilah-istilah Google Adsense yang harus diketahui publisher maupun calon publisher.
Saya sendiri sebagai seorang blogger sangat paham bahwa di luaran sana masih banyak blogger yang belum terlalu mengerti tentang istilah-istilah Google Adsense, padahal ini adalah hal yang sangat penting untuk kalian ketahui. Jangan sampai kalian hanya paham luarnya, namun isinya kalian justru tidak paham.
Oleh karena itu saya akan berusaha untuk memberikan penjelasan terbaik dan mudah dipahami sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki. Tujuannya jelas agar kalian semakin paham tentang isi dari Google Adsense.
Baca Juga : Apa Itu Google Adsense : Manfaat dan Cara Kerjanya
Baca Juga : Apa Itu Google Adsense : Manfaat dan Cara Kerjanya
Istilah-Istilah Google Adsense
Seperti yang kita ketahui bahwa Google Adsense merupakan sumber penghasilan yang paling banyak diburu oleh seorang blogger. Hampir seluruh blogger pasti memiliki tujuan menjadi publisher Google Adsense yang sukses, namun untuk sukses memerlukan proses yang panjang.
Salah satu proses yang perlu dilalui adalah memahami istilah-istilah Google Adsense yang penting untuk kalian ketahui. Pemahaman ini agar kalian semakin jelas sytem yang berjalan di dalam Google Adsense.
1. Publisher
Publisher adalah seorang mitra yang bekerjasama dengan Google Adsense dan memiliki tugas menayangkan iklan secara online. Secara singkatnya publisher bisa dikatakan penayang iklan.
Iklan yang ditayangkan oleh seorang publisher biasanya menggunakan media blog, website, dan Youtube. Ada juga yang menggunakan media aplikasi android untuk penayangan iklannya.
2. CPC ( Cost Per Click )
Kalian pasti sering mendengar atau membaca istilah ini bukan? CPC merupakan singkatan dari Cost Per Click atau biasa disebut juga dengan Bayar Per Klik ( BPK ). Jadi CPC ini adalah harga yang dibayarkan oleh Google Adsense kepada publisher untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung.
Untuk besarnya nilai CPC setiap iklan berbeda-beda tergantung dari relevansi situs/blog, relevansi link, traffic pengunjung, umur blog/situs, keyword, dan lainnya. Contoh sederhananya seperti ini, jika iklan " kosmetik " tayang di situs kesehatan nilai CPC akan lebih rendah daripada iklan " kosmetik " yang tayang pada situs kecantikan.
Nah nilai CPC yang ditampilkan pada akun Google Adsense publisher adalah nilai rata-rata dari beberapa jumlah iklan yang telah di klik pengunjung.
3. CPM (Cost Per Mille)
CPM (Cost Per Mille) atau bisa diartikan sebagai Biaya Per Seribu (BPS). Artinya publisher akan menerima bayaran dari Google Adsense berdasarkan per seribu impresi (tayangan iklan) dari setiap unit iklan yang ditampilkan pada situs/blog.
CPM sendiri merupakan bayaran tersendiri dari luar CTR yang biasanya terjadi pada blog.
4. CTR (Click Through Rate)
CTR (Click Through Rate) atau diartikan sebagai Rasio Klik Tayang (RKT) merupakan persentase tayangan yang menghasilkan klik. Jadi CTR ini nanti ditampilkan nilainya dalam bentuk persentase yang dihitung dengan cara :
Rumus : ( Clicks / impressions x 100% = CTR ).
Sebagai contoh blog kalian menayangkan iklan sebanyak 5000 kali impressions (tayangan) dan mendapatkan klik 500 kali, maka perhitungannya ( 500 / 5000 x 100% = 10%).
5. RPM (Revenue Per Thousand Impression)
RPM dapat diartikan sebagai pendapatan rata-rata yang dihasilkan setiap per seribu tayangan (impresi). Nilai RPM diperoleh dengan hitungan sebagai berikut :
Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan laman) x 1000 = RPM
Sebagai contoh blog kalian memiliki penghasilan tertaksir Rp 500.000 dan jumlah tampilan halaman (Page view) sebanyak 5000, maka untuk menghitung RPM caranya adalah ( Rp 500.000 / 5000 ) x 1000 = Rp 100.000
Dari hasil di atas dapat dijelaskan bahwa pendapatan rata-rata untuk setiap per seribu tayangan (impression) blog kalian adalah Rp 100.000. RPM ini masih dibagi lagi menjadi 3 antara lain :
a] RPM Kueri
Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah Kueri) x 1000 = RPM
b] RPM Halaman
Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah halaman tampil) x 1000 = RPM
c] RPM Permintaan Iklan
Rumus : (Penghasilan tertaksir / Jumlah permintaan iklan) x 1000 = RPM
6. Estimated Earning
Estimated Earning adalah pendapatan tertaksir dari hasil penayangan iklan pada sebuah situs/blog. Nilai ini biasanya ditampilkan mulai dari pendapatan hari ini, kemarin, seminggu terakhir, dan pendapatan bulan berjalan.
Estimated Earning akan diperbarui setiap bulan dan saldonya akan masuk ke Balance untuk bisa di withdraw atau ditarik ke bank lokal.
7. Pages views
Jika di artikan dalam Google Adsense, Page Views berarti jumlah tayangan halaman yang telah dipasangkan iklan. Jadi untuk halaman yang tidak dipasangkan iklan pada situs/blog kalian tidak akan dihitung oleh Google Adsense.
Artinya, berapapun jumlah iklan yang kalian pasang pada sebuah halaman maka akan dihitung satu page views. Sebagai contoh, kalian memasang 3 iklan pada setiap halaman blog. Ternyata halaman tersebut dikunjungi sebanyak 1000 kali, maka yang dihitung adalah 1000 page views.
8. Impressions
Impression merupakan jumlah iklan yang tayang pada halaman situs/blog kalian. Kalau impressions tertuju pada jumlah iklan yang ditayangkan, bukan dari tayangan halaman yang dipasang iklan seperti halnya page views.
Sebagai contoh kalian memasang 3 iklan pada setiap halaman, sedangkan halaman tersebut memiliki kunjungan sebanyak 1000. Maka yang dihitung menjadi impressions adalah 3 x 1000 = 3000 impressions.
Jadi semakin banyak iklan yang dipasangkan pada halaman blog, maka semakin meningkat jumlah impressions yang ditampilkan.
9. CPE ( Cost Per Engagement )
CPE bisa diartikan sebagai Biaya Per Keterlibatan (BPKt) yang artinya bahwa publisher akan dibayar jika pengunjung terlibat langsung dengan iklan tersebut. Misal iklan yang ditayangkan adalah video, maka publisher akan dibayar ketika pengunjung mengarahkan kursor ke video tersebut selama kurang lebih 2 detik untuk memperluas iklan video tersebut.
Itulah beberapa istilah-istilah Google Adsense yang perlu kalian ketahui sebagai publisher maupun calon publisher. Semoga penjelsan saya di atas dapat membantu kalian dalam mempelajari lebih dalam tentang Google Adsense.
Posting Komentar untuk "Istilah-Istilah Google Adsense Yang Harus Diketahui Publisher"